Selasa, 23 Agustus 2011

PKB: Jangan Biarkan Pelemahan Lembaga

Bayangkan waktu berikutnya Anda bergabung dengan diskusi tentang
. Ketika Anda mulai berbagi fakta
menarik di bawah ini, teman-teman Anda akan benar-benar takjub.
JAKARTA, KOMPAS.com- Ketua Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa Dewan Perwakilan Rakyat Marwan Ja'far mensinyalir pendulum politik belakangan ini tengah digerakkan oleh sejumlah kalangan ke arah pelemahan dan pendegradasian pilar-pilar demokrasi danlembaga-lembaga negara.

"Hampir tiap saat kelompok ini menjelek-jelekkan, menghujat, bahkan menggembar-gemborkan lewat media maupun pelbagai forum bahwa sudah tidak ada satupun lembaga negara yang kredibel, dapat dipercaya, dan benar-benar memperjuangkan kepentingan rakyat," kata Marwan Ja'far dalam siaran pers yang diterima Kompas, Rabu (24/8).

Pikirkan tentang apa yang telah Anda baca sejauh ini. Apakah itu memperkuat apa yang sudah Anda ketahui tentang
? Atau ada sesuatu yang sama sekali baru? Bagaimana dengan paragraf yang tersisa?

Celakanya lagi, kata Marwan,gerakan pendelegitimasian lembaga-lembaga negara ini mengatasnamakan demokrasi dan reformasi sebagai tameng pendeskreditan, penghujatan atas lembaga-lembaga negara (seperti eksekutif, legislatif, yudikatif, KPK, Polri), maupun pilar-pilar demokrasi seperti partai politik. Kondisi ini sungguh tidak boleh dibiarkan, sebab hanya karena kesalahan segelintir oknum lembaga negara, hal itu sudah digeneralisasi bahwa misalnya DPR digambarkan sebagai sarang koruptor.

"Begitu pula ketika ada kader parpol tertentu diduga terlibat korupsi, maka digeneralisir bahwa parpol yang ada sduah tidak dapat diharapkandan  dihembuskan agar rakyat untuk anti pada parpol," ujar Marwan yang juga salah satu Ketua Dewan Pengurus Pusat PKB itu.

Padahal, kata dia, kelompok yang antiparpol ini punya agenda tersembunyi membesarkan partai baru dan bahkan membawa kepentingan asing. Jika semua hal di atas terus berlangsung, lanjut Marwan, maka reformasi dan konsolidasi demokrasi yang telah dibangun susah payah dan pengorbanan darah dari para pejuang reformasi serta para founding fathers negara ini akan dihancurkan sendiri oleh orang-orang atau kelompok yang hingga sekarang sedikit-sedikitteriak negara gagal, sebentar-sebentarmenyatakan Indonesia bangkrut, sebentar-sebentar menyatakanbubarkan lembaga negara, bubarkan KPK, serta antiparpol. (*)

Tentu saja, tidak mungkin untuk meletakkan segala sesuatu tentang
menjadi hanya satu artikel. Tapi kau tidak dapat menyangkal bahwa Anda baru saja ditambahkan ke pemahaman Anda tentang
, dan waktu itu dihabiskan dengan baik.

Tidak ada komentar: