Kamis, 07 Juli 2011

Pendakian Puncak Denali Ditunda Sehari

Ketika Anda belajar tentang sesuatu yang baru, mudah merasa kewalahan oleh jumlah informasi relevan yang tersedia. Artikel informatif akan membantu Anda berfokus pada titik sentral.
Kadang-kadang aspek yang paling penting dari subjek tidak segera jelas. Jauhkan membaca untuk mendapatkan gambaran yang lengkap.

JAKARTA, KOMPAS.com - Cuaca yang memburuk di puncak Gunung Denali (6.194 mdpl) memaksa Tim Pendaki Dari Mahitala Universitas Katolik Parahyangan untuk menunda pendakian mereka.

Sofyan Resa, anggota tim pendaki, lewat telepon satelit mengabarkan, pendakian ke Puncak Denali akan dilakukan Kamis (7/7/2011) pukul 10.00 waktu setempat atau Jumat (8/7/2011) pukul 01.00 WIB. Perjalanan menuju Puncak Denali dan kembali lagi ke High Camp (5.242 mdpl) akan memakan waktu 10jam hingga15 jam.

"Terdapat salju yang cukup tebal di Summit Ridge atau punggungan akhir menuju Puncak Denali, yang tentunya akan menjadi hambatan alam yang akan sangat berat bagi mereka menjelang meter-meter terakhir untuk mencapai titik tertinggi di Benua Amerika Utara ini," demikian dikabarkan Audy Tanhati kepada Kompas di Jakarta, Kamis (7/7/2011).

Perjalanan dari High Camp menuju Puncak Denali merupakan bagian yang tersulit dari keseluruhan pendakian karena mereka akan menghadapi 2,5 km jarak tempuh dan perbedaan elevasi hingga hampir 1 km. Dari High Camp, tim pendaki Indonesia Seven Summits Expedition Mahitala Unpar (ISSEMU) akan melintasi sebuah padang salju yang panjang dan cukup datar. Akhirnya padang salju tersebut akan berakhir di sebuah lokasi yang sering disebut sebagai The Autobahn.

The Autobahn adalah sebuah bukit dengan elevasi 365 meter. Di Autobahn pendaki akan dipaksa berjalan mendatar dan menanjak pada kemiringan 50-60 derajat. Teknik ini dikenal dengan nama teknik konturing (traversing) atau berjalan mengikuti garis kontur pada peta. Lepas dari Autobahn, pendaki akan bertemu dengan sebuah celah besar di ketinggian 5.535 mpdl. Celah ini dikenal dengan nama Denali Pass. Selepas Denali Pass, pendaki akan bertemu dengan sebuah padang salju yang menyerupai lapangan sepak bola yang dikenal dengan nama Football Field.

Perjuangan menggapai Denali akan sangat berarti bagi Tim Mahitala dan mereka akan tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang menggapai tujuh puncak gunung tertinggi dunia.

Cukup mengetahui
untuk membuat padat, memotong informasi pilihan di atas faktor ketakutan. Jika Anda menerapkan apa yang baru saja belajar tentang
, Anda seharusnya tidak perlu khawatir.

Tidak ada komentar: