Selasa, 26 Juli 2011

Tunjukkan Komitmen Demokrat

Artikel menarik alamat beberapa isu kunci tentang
. Pembacaan yang cermat bahan ini bisa membuat perbedaan besar dalam bagaimana Anda berpikir tentang
.
JAKARTA, KOMPAS.com -  Partai Demokrat dinilai tidak memilikitanggung jawab politik karena tidak membentuk tim independen untukmenelusuri tudingan mantan bendahara umumnya, Muhammad Nazaruddin,mengenai dugaan praktik politik uang. Padahal, langkah itu penting untukmenunjukkan komitmen dalam pemberantasan korupsi.

Hal itudiungkapkan pengamat politik dan ahli hukum tata negara Saldi Isra danpengamat politik J Kristiadi di Jakarta, Selasa (26/7/2011). Partai Demokratpernah mengampanyekan partai antikorupsi. Namun, dengan adanya tudinganNazaruddin, Partai Demokrat tidak membentuk tim independen untukmenelusuri, tutur Saldi.

Semestinya, ujar Saldi, tudinganNazaruddin ditindaklanjuti dengan pembentukan tim independen di PartaiDemokrat. Tim dapat berasal dari orang dari luar Partai Demokrat untukmenelusuri sejauh mana kebenaran tudingan Nazaruddin.

Jika tidakmembentuk tim independen itu, lanjut Saldi, Partai Demokrat akan terusterpenjara dalam tudingan Nazaruddin tersebut. Sejarah politik juga akanmencatat bahwa Partai Demokrat yang mengampanyekan antikorupsi ternyatatidak memiliki tanggung jawab politik untuk menindaklanjuti ataumenelusuri tudingan Nazaruddin.

Sejauh ini, kami telah menemukan beberapa fakta menarik tentang
. Anda mungkin memutuskan bahwa informasi berikut ini bahkan lebih menarik.

Tidak bisa berhenti di situ(rakornas). Mestinya embusan Nazaruddin ditindaklanjuti di internalPartai Demokrat dengan membentuk tim independen untuk menelusurikebenaran tudingan Nazaruddin, kata Saldi.

Menurut Kristiadi,tudingan Nazaruddin mengenai dugaan praktik politik uang Partai Demokrattelah menimbulkan kecurigaan publik. Kecurigaan itu bisa sah karenaselama ini tidak ada transparansi, akuntabilitas, dan pertanggungjawabankepada publik dari mana dana parpol, berapa besar dana yang diperoleh,dan apa penggunaannya, kata Kristiadi.

Oleh karena itu, menurutKristiadi, diperlukan audit politik di dalam Partai Demokrat. Auditpolitik tersebut dapat dilakukan dengan membentuk tim independen untukmenelusuri tudingan Nazaruddin. Audit politik itu perlu untukmengembalikan kredibilitas Partai Demokrat yang sudah jelek saat ini,ujarnya.

Lebih lengkap baca di KOMPAS

 

Cukup mengetahui
untuk membuat padat, memotong informasi pilihan di atas faktor ketakutan. Jika Anda menerapkan apa yang baru saja belajar tentang
, Anda seharusnya tidak perlu khawatir.

Tidak ada komentar: