Jumat, 06 Mei 2011

Pilar Politik dan Keamanan Masih Lemah

Jika Anda memiliki minat bahkan melewati di topik
, maka Anda harus melihat pada informasi berikut. Artikel ini mencerahkan menyajikan beberapa berita terbaru tentang masalah
.
JAKARTA, KOMPAS.com - Dari tiga pilar untuk mewujudkanASEAN Community2015,politik dan keamanan dinilai masih lemah jika dibandingkan dengan pilar ekonomi dan sosial budaya. Oleh sebab itu, deklarasi yang akandihasilkan terkait dengan kerja sama keamanan sekawasan harus signifikan dan konkrit.

"Kesepakatannya jangansekadar menjadi deklarasi semata. Akan tetapi, deklarasi yang yangbisa dijalankan dan memberikan manfaat bagi komunitas ASEAN tersebut. Misalnya, respon dan kerja sama yang lebih cepat untuk mengantisipasi aksi terorisme dan radikalisme," tutur mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) AM Hendropriyono kepada Kompas di Cipayung, Jakarta Timur, Jumat (6/5/2011).

Menurut Hendropriyono, tantangannya tetap sama bagi regional ASEAN. Akan tetapi, solusi konkritnya belum ada. "Selama ini, deklarasinya terlalu landai (lemah) jika dihadapkan pada kecepatan interaksi yang terjadi di antara negara ASEAN,"ujarnya.

Bagaimana Anda bisa mencanangkan batas belajar lebih banyak? Bagian berikutnya mungkin berisi bahwa salah satu sedikit kebijaksanaan yang mengubah segalanya.

Iamenyebut contoh tertangkapnya pelaku teror, Hambali, di Thailand yang sulit dibawa untuk diperiksa dan diadili di Indonesia. Demikian pula dalam kasus warga negara Indonesia yang ditangkap Filipina karena terlibat dalam pelatihanterorisme.

"Mudah-mudahan, delegasi kita padaKTT ASEAN memiliki wawasan seperti itu. Obyeknya harus jelas, yakni ASEAN, dan sasarannya harus konkret, yaitu bagaimana jalan keluar yang ditawarkan bisa diterpakan dan operasional. Dengan begitu, manfaat ASEAN Community akan lebih dirasakan dalam isu sentralkeamanan," papar Hendropriyono. (nmp)

Baca juga: Dibaiat NII, Rp 16,5 Juta Raib

 

Jadi sekarang Anda tahu sedikit tentang
. Bahkan jika Anda tidak tahu segalanya, Anda sudah melakukan sesuatu yang berharga: Anda telah memperluas pengetahuan Anda.

Tidak ada komentar: